SAYANGI FLORA FAUNA KITA

Hello Tebsholic! Pasti kalian sudah tau bahwa Indonesia adalah negara dengan beragam jenis flora dan fauna. Namun sayangnya, dari ribuan jenis flora dan fauna yang hidup di wilayah Indonesia, ada sekitar 294 jenis flora dan fauna Indonesia yang masuk dalam daftar spesies yang terancam punah dan patut dilindungi.

Memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional yang jatuh setiap tanggal 5 November, yuk cari tau apa saja usaha yang bisa kita lakukan untuk menjaga mereka!

Tidak Merusak Habitatnya

Sering kali kita tidak peduli dengan alam yang ada disekitar kita dan melakukan hal – hal yang dapat merusak alam seperti penebangan liar, pembakaran hutan, dan masih banyak lagi. Padahal itu adalah habitat dari flora dan fauna kita yang harus kita lindungi agar mereka bisa terus bertahan hidup. Jangan merusaknya lagi ya, Tebsholic!

Menghentikan Pemburuan Liar

Peningkatan keamanan hutan harus menjadi fokus utama dalam menjaga kelestarian flora dan fauna kita, karena pemburuan liar ini adalah salah satu penyebab utama kepunahan itu sendiri terjadi. Pemburuan liar yang dilakukan untuk menangkap hewan harus dihindari dan didukung dengan cara tidak membeli hewan langka dan bagian - bagian hewan tersebut.

Mendirikan Suaka Marga Satwa dan Cagar Alam

Menetapkan suaka marga satwa sebagai tempat untuk melindungi hewan tertentu terutama yang sudah langka dan membuat cagar alam sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah, dan air akan membantu melestarikan flora dan fauna yang kita miliki.

Melakukan Inseminiasi Buatan

Inseminasi buatan adalah perkembangbiakan pada hewan dengan cara menyuntikkan sperma dari hewan jantan pada hewan betina. Inseminasi buatan ini biasa dilakukan pada hewan mamalia terutama yang hampir punah karena jumlahnya di alam bebas yang semakin sedikit. Tidak semua orang dapat melakukan inseminasi buatan, biasanya dilakukan oleh dokter hewan di suatu lembaga pelestarian, misalnya kebun binatang.

Berpartisipasi dalam Pelestarian Makhluk Hidup

Pelestarian makhluk hidup bukan tanggung jawab pemerintah saja Tebsholic, namun kita juga harus ikut menjaga kelestarian makhluk hidup dan lingkungannya. Kita mulai dari lingkungan terkecil dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam, tidak memelihara hewan tertentu secara pribadi misalnya memelihara orang utan, burung elang, dan sebagainya.

 

Yuk sayangi flora dan fauna kita dengan cara melakukan upaya – upaya pelestarian agar mereka tidak punah, Tebsholic!