Pengorbanan Demi Sebuah Perdamaian Dunia

Hello Tebsholic! Apa sih arti damai bagi kalian? Apa damai itu penting bagi hidup kalian atau tidak?

Ya, tentunya damai itu sangat penting bagi kehidupan antar manusia di dunia, Tebsholic. Dari sekian banyak perbedaan yang ada diantara umat manusia, perdamaian menjadi satu hal penting yang dapat membuat kita semua hidup berdampingan secara rukun.

Nah, Tebsholic tau ngak sih? Ada 5 tokoh yang berperan penting dalam memperjuangkan perdamaian di dunia loh. Siapa aja keempat tokoh tersebut?

1. Barack Obama

Sejak menjabat sebagai presiden Amerika Serikat, Obama menyerukan perlucutan senjata dan berupaya menghidupkan kembali proses perdamaian Timur Tengah yang mandek loh Tebsholic. Ia juga berusaha memperbaiki hubungan antara barat dengan dunia muslim. Sangat jarang ada orang yang mendapat perhatian dunia seluas Obama dan memberi harapan kepada penduduk dunia akan masa depan yang lebih baik.

2. Nelson Mandela

Pasti Tebsholic ngak asing dengan yang satu ini, Nelson Mandela adalah seorang revolusioner anti-apartheid dan politisi Afrika Selatan yang menjabat sebagai Presiden Afrika Selatan sejak 1994 sampai 1999. Ia adalah orang Afrika Selatan berkulit hitam pertama yang memegang jabatan tersebut dan presiden pertama yang terpilih melalui keterwakilan penuh, dalam sebuah pemilu multiras. Pemerintahannya berfokus pada penghapusan pengaruh apartheid dengan memberantas rasisme, kemiskinan dan kesenjangan, dan mendorong rekonsiliasi rasial.

3. Martin Luther King

Pendeta Martin Luther King, Jr., Ph.D. adalah penerima Nobel, pendeta Baptis dan aktivis HAM warga Afrika-Amerika. Dia adalah salah seorang pemimpin terpenting dalam sejarah AS dan dalam sejarah non-kekerasan pada zaman modern, dan dianggap sebagai pahlawan, pencipta perdamaian dan martir oleh banyak orang di seluruh dunia. Satu setengah dekade setelah pembunuhannya pada tahun 1968, Amerika Serikat menetapkan sebuah hari libur untuk memperingatinya, Hari Martin Luther King. Tebsholic pasti tahu hari libur tersebut bukan?

4. John Lennon

Siapa Tebsholic yang tidak menggenal John Lennon? Penyanyi dan penulis lagu dari band ternama sepanjang masa, The Beatles.  Semasa hidup, Lennon menunjukkan sifat pemberontak dan kecerdasannya dalam musik, menulis, gambar, dan film. Kala itu, dia menyuarakan kritik terhadap Perang Vietnam hingga Presiden Ke-37 AS Richard Nixon mendeportasi Lennon. Namun, kerja keras Lennon membuahkan hasil, beberapa lagunya diadopsi sebagai "lagu kebangsaan" gerakan antiperang. Dia ikut terlibat dalam aksi kontroversial politik dan perdamaian, hingga memilih pindah ke Manhattan pada 1971. Sampai akhirnya ia ditembak mati pada 8 Desember 1980 di Manhattan, New York.

5. Malala Yousafzai

Nah ini dia salah satu wanita yang memperjuangkan perdamaian dunia, Tebsholic. Dalam usia 17, Malala merupakan penerima Nobel termuda dalam sejarah. Malala menerima penghargaan tersebut atas perjuangannya melawan penindasan terhadap anak-anak dan kaum muda, dan hak setiap anak akan pendidikan.

Perdamaian apa yang sudah pernah kamu perjuangkan, Tebsholic? Selamat Hari Perdaimaian Dunia!