Save a Life Give Blood

Donor darah pasti bukan hal yang asing lagi buat para Tebsholic. Tapi, harus diakui kalau ngak semua orang mau melakukan donor darah. Alasan beragam pun muncul, mulai dari ngak berani sampai takut terkena penyakit. Padahal, donor darah punya banyak manfaat bagi tubuh kita loh, Tebsholic!

Dengan melakukan donor darah, kita memberikan sedikit darah dari dalam tubuh agar dapat dimanfaatkan guna membantu orang lain. Yang harus Tebsholic tau, donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi para penerima darah gengs, tetapi juga kepada para pemberinya. Cari tau yuk!

1. Menjaga kesehatan jantung dan memperlancar pembuluh darah

Manfaat donor darah yang pertama adalah membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri. Mendonorkan darah juga bisa membuat kita jarang sakit dan terhindari dari penyakit mematikan. Rutin menjalankan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi stabil.

2. Meningkatkan produksi sel darah merah

Manfaat donor darah selanjutnya adalah meningkatkan produksi sel darah merah. Rajin melakukan donor darah berarti membuat tubuh kita menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

3. Menurunkan risiko kanker

Berkurangnya zat besi yang berlebih dalam tubuh kita saat melakukan donor darah dapat mengurangi risiko terkena kanker. Melakukan donor darah 2 kali dalam satu tahun memiliki kadar besi dalam darah dan risiko kanker yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang tidak melakukan donor darah.

4. Membantu menurunkan berat badan

Rata-rata orang dewasa membakar 650 kalori saat memberikan 450 ml darahnya. Pendonor yang secara rutin menyumbangkan darahnya dapat mengalami penurunan berat badan yang seignifikan. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa donor darah tidak dapat dijadikan sebagai pilihan program penurunan berat badan.

5. Mendeteksi penyakit serius

Setiap kali akan mendonorkan darah, kita akan menjalani pemeriksaan dasar rutin seperti pemeriksaan berat badan, suhu, nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin. Selain itu juga akan diminta untuk menjalani pemeriksaan darah untuk mendeteksi ada tidaknya penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan malaria. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit melalui transfusi.

Kalau udah tau manfaat donor darah, masa sih masih ngak mau coba? Jangan takut donor darah Tebsholic!