OLAHRAGA ASLI INDONESIA YANG BEDA BANGET

Hello Tebsholic! Apa lo termasuk orang yang suka olahraga? Setuju ngak kalau rutin olahraga bisa membantu lo menjaga kesehatan jasmani dan mencegah lo terserang berbagai penyakit? Ya gengs, olahraga itu emang penting banget buat kita. Tapi, belum banyak dari kita yang sadar akan hal itu dan ngak mau olahraga karena berbagai alasan, mulai dari males sampe ngak mau capek.

Tapi, tau ngak sih gengs, ada juga loh olahraga yang walaupun bikin capek tapi seru banget buat dilakuin! Jenis olahraga itu datangnya asli dari Indonesia loh! Penasaran? Cari tau yuk, tebsholic!

Karapan Sapi

Karapan Sapi adalah olahraga pacuan sapi yang berasal dari Madura. Dalam permainan yang satu ini, sepasang sapi lah yang ‘berolahraga’ dengan menarik semacam kereta kayu melewati lintasan sepanjang 100 meter. Joki sapi hanya perlu berdiri di kereta kayu dan mengendalikan laju sapi-sapinya agar tidak oleng. Namun menjadi joki sapi itu bukan pekerjaan yang mudah, diperlukan latihan dan keahlian yang khusus.

Keseriusan warga Madura dan pemerintah Indonesia dalam melestarikan karapan sapi juga tidak main-main. Karapan sapi kini telah menjadi sebuah ajang pesta rakyat yang mampu menyedot ribuan pengunjung dari dalam maupun luar negeri. Setiap akhir bulan September atau Oktober bahkan diadakan pertandingan karapan sapi terbesar yang memperebutkan Piala Bergilir Presiden. Tebsholic udah ada yang pernah lihat olahraga karapan sapi secara langsung?

 

Lompat Batu

Olahraga lompat batu adalah olahraga yang lahir dari tradisidan budaya masyarakat di Pulau Nias. Dahulu suku-suku di Pulau Nias sering berperang karena terprovokasi dendam, perbatasan tanah, atau masalah perbudakan. Masing-masing desa kemudian membentengi wilayahnya dengan batu atau bambu setinggi 2 meter. Oleh karena itu, tradisi lompat batu lahir dan dilakukan sebagai sebuah persiapan sebelum berperang.

Tradisi ini biasanya dilakukan para pemuda dengan cara melompati tumpukan batu setinggi 2 meter dan setebal 40 cm untuk menunjukan bahwa mereka sudah pantas untuk dianggap dewasa secara fisik. Biasanya sebelum melakukan tradisi lombat batu dibuka dengan tari-tarian perang khas Nias. Kini tradisi lompat batu menjadi ritual dan simbol budaya masyarakat Nias.

 

Pacu Jalur

Pacu Jalur adalah jenis olahraga perahu dayung tradisional yang berasal dari Riau. Perahu pada perlombaan pacu jalur memiliki panjang sekitar 25-40 meter dengan awak perahu sebanyak 40 sampai 60 orang. Pada awalnya pacu jalur diselenggarakan di kampung-kampung sepanjang Sungai Kuantan untuk memperingati hari besar Islam seperti Maulid Nabi Muhammad SAW, Idul Fitri, atau tahun baru Muharam.

Namun kini acara pacu jalur sudah masuk ke dalam kalender pariwisata nasional, Setiap tahunnya, sekitar tanggal 23-26 Agustus, diadakan Festival Pacu Jalur sebagai sebuah acara budaya masyarakat tradisional Kabupaten Kuantan Singingi, Riau bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pacu jalur biasanya diadakan di Sungai Batang Kuantan yang pada jaman dahulu kala merupakan simbol identitas sosial karena hanya datuk-datuk dan bangsawan saja yang bertransportasi melalui jalur tersebut.

 

Sepak Takraw

Olahraga ini awalnya hanya dimainkan oleh anak-anak di kampong. Kini olahraga sepak takraw berubah wujud menjadi olahraga menarik yang difavoritkan jutaan orang. Beberapa negara tetangga ada yang memiliki olahraga macam ini, tapi bentuk bola sepak takraw Indonesia berbeda dari yang lain karena terbuat dari rotan. Untuk menjadi seorang atlet sepak takraw, anda harus punya badan yang lentur. Secara umum, aksi dalam olahraga ini agak mirip dengan gerakan seni bela diri silat. Namun sesungguhnya olahraga ini seperti perpaduan antara olahraga voli dan sepak bola.

 

Pencak Silat

Siapa yang tidak mengenal olahraga yang satu ini? Ya, Pencak silat ini mulai dikenal sejak zaman kerajan-kerajaa. Olahraga pencak silat ini pada awalnya merupakan gerakan untuk membela diri. Akan tetapi saat ini Pencak Silat dimasukan kedalam olahraga yang di pertandingakan di berbagai event olahraga. Gerakan pecak silat yang beragam menjadi ketertarikan tersendiri dari olahraga ini.

 

Pathol

Indonesia juga memiliki olahraga gulat tradisional yang bernama pathol. Olahraga Pathol aslinya berasal dari daerah Rembang, Jawa Tengah. Menurut cerita, Pathol sudah dimainkan oleh orang-orang sejak zaman majapahit. Dulunya, pathol diadakan sebagai sebuah acara untuk merekrut prajurit terlatih untuk menjaga daerah pelabuhan Tuban. Olahraga ini kemudian berkembang pesat dengan gerakan-gerakan yang bervariasi. Penggemarnya semakin banyak dan menjadi salah satu kesenian tradisional asli Indonesia. Gulat pathol ini biasanya dilakukan di pinggir pantai ketika hari menjelang purnama, juga pada hari-hari tertentu yang bersamaan dengan upacara sedekah laut.

Gimana Tebsholic, unik-unik kan olahraga khas bangsa kita. Tebsholic berani coba?