Tips Menguatkan Jari untuk kalian para Gitaris

Hallo Tebsholic! Bagi seorang gitaris, mempunyai jari-jari yang kuat akan sangat memberikan banyak manfaat dalam memainkan instrumen. Karena jari Tebsholic adalah faktor utama dalam membentuk karakter dari sound yang akan keluar dari gear yang lo gunakan nih Tebsholic, dan juga mempunyai jari dengan stamina yang baik akan sangat membantu performa Tebsholic, khususnya di panggung.

Cara paling ampuh dalam menguatkan jari Tebsholic adalah dengan berlatih dan berlatih, dan banyak sekali pola latihan yang dapat digunakan menguatkan jari Tebsholic. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Tebsholic gunakan untuk menguatkan jari kita:

Stretching

Seperti halnya olahragawan nih Tebsholic, stretching juga akan sangat membantu menjaga otot yang lo gunakan dalam memainkan gitar agar tetap relaks, di mana hal tersebut akan sangat membantu apabila Tebsholic akan bermain untuk durasi yang cukup lama.

 

Spider Hand/Spider Legs Exercise

Untuk Tebsholic yang belum mengetahui tentang Spider Hand Exercise, Tebsholic bisa nih cari di situs-situs yang membahas secara detail, karena metode ini banyak sekali digunakan oleh para gitaris untuk latihan menguatkan jari. Hal yang harus diingat Tebsholic saat berlatih menggunakan metode ini adalah berlatihlah dengan tempo yang sangat pelan. Tujuan latihan ini adalah untuk ‘mengaktifkan’ independency dan efisiensi dari masing-masing jari Tebsholic dalam bergerak.

 

Berlatih Menggunakan Metronom

Yup, mungkin salah satu hal yang paling sering Tebsholic dengar apabila kita ingin meningkatkan speeddan stamina jari kita. Memang berlatih dengan metronom adalah cara yang paling benar dalam meningkatkan speed dan stamina Tebsholic nih. Meskipun terdengar membosankan, tapi berlatih menggunakan metronom sekaligus akan melatih sense of rhythm di badan Tebsholic.

 

Menggunakan Alat Bantu

Pastinya beberapa Tebsholic di sini mempunyai berbagai macam kegiatan yang cukup menyita keseluruhan waktunya. Namun untuk Tebsholic yang memang ingin terus berlatih, beberapa pabrik alat musik telah mengeluarkan beberapa produk untuk membantu teman-teman dalam berlatih dimana saja, salah satunya adalah Grip Master nih. Benda seukuran genggaman tangan ini dapat kita gunakan untuk melatih jari kita dimanapun dan kapanpun. Yang menarik dari benda ini adalah benda yang tidak akan menarik perhatian banyak orang saat kita gunakan, dan yang paling penting adalah benda ini memang bisa menguatkan jari Tebsholic.

 

Memang akan membutuhkan waktu dan usaha khusus nih Tebsholic apabila lo ingin menjadi player/musisi yang baik. Namun seperti halnya profesi lainnya, semua membutuhkan proses dan proses tidak akan mengkhianati hasil.

Keep practicing and keep learning yaa Tebsholic!