Album Kompilasi Sidestream Indie Lokal yang Wajib Masuk Playlist!

Hallo Tebsholic! Keberadaan musik dari band Indie lokal Indonesia gak lagi dipandang sebelah mata. Hal ini dapat dilihat dari tingginya intensitas manggung para penggiat scene independen nasional di luar negeri. Sebut saja nama The Sigit, White Shoes and the Couples Company, Burgerkill, Mocca dan lain sebagainya yang kerap pelesiran mengharumkan nama bangsa di negeri orang.

Demi mengulas rekam jejak musik indie nasional, ada beberapa album kompilasi terbaik dari ranah sidestream nih Tebsholic. Beberapa diantaranya bahkan bisa disebut sebagai holy grail loh. Apa saja kompilasi tersebut? Yuk simak bersama.

Jkt:Skrg

Album kompilasi band Indie lokal ini mendokumentasikan para musisi yang pernah bermain di bar BB'S. Bar ini berlokasi di seputaran Taman Menteng, Jakarta Pusat. Dari sana, beberapa nama besar lahir. Sebut saja C'mon Lennon, Sore, The Upstairs dan lain sebagainya. Bahkan, nama-nama tadi juga ikut mengisi kompilasi album ini loh. Ngeri.

 

Thursday Riot

Konsep album ini kurang lebih hampir sama dengan apa yang diterapkan pada album Jkt: Skrg. Album ini merupakan dokumentasi para band yang pernah bermain di bar Parc dalam gelaran acara Thuesday Riot. Beberapa nama yang mengisi album kompilasi ini antara lain The Hydrant, Mocca, Bangkutaman, Olive Tree, The Milo dan lain sebagainya.

 

MasaIndahBangetSekaliPisan

Sebelum mengecap popularitas di hari ini, nama-nama seperti Burgerkill, Cherry Bombshell, Sendal Jepit, Puppen pernah mengisi cakram padat ini. Meskipun mayoritas band yang menyumbangkan tembang klasiknya berasal dari Bandung, namun terselip band asal Jakarta, Waiting Room yang ikut berpartisipasi di dalamnya. Kompilasi ini juga pernah diedarkan di Prancis loh Tebsholic.

 

Jakarta Movement

Jauh sebelum musik elektronik happening, grup-grup musik electro terbaik di tanah air pernah berpartisipasi untuk membuat rilisan Jakarta Movement pada tahun 2005 silam. Nama-nama klasik macam Dj Riri, Goodnight Electric, Homogenic hingga Ape on the Roof pernah berpartisipasi menyumbangkan suara nyentrik dari sounsystemnya dalam cakram padat ini.
 

Jogja Istimewa

Jogjakarta memang selalu istimewa. Baik kota, keramahan penduduk hingga musisi yang berasal dari Jogja memang selalu memberikan kesan tersendiri bagi para pecinta musik. Untuk mengabadikan scene musik di Kota pelajar, pada tahun 2010 silam, Kongsi Jahat Collective bersama beberapa rekananya mencoba mengumpulkan beberapa nama terbaik di kota Jogja. Nama-nama seperti Jogja Hip Hop Foundation, Serigala Malam, Frau, Zoo, Dubyouth, Armada Racun, Risky Summerbee & The Honeythiefs, Individual Life dan DOM 65 untuk berbagi ruang demi menfokumentasikan karya terbaiknya.

Dari sekian album kompilasi band Indie lokal yang ada di atas, ada beberapa yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah loh Tebsholic. Jika kalian ingin