Goa Indonesia yang bikin Speechless

Apa lagi coba yang kurang di Indonesia kalo soal Keindahan Alam, Flora dan Faunanya?  Emang udah gak asing lagi di kuping orang Indonesia bahkan mancanegara kalo ngomongin tempat destinasi yang menakjubkan di Indonesia, ya nggak gengs? Banyak dan gak ada abisnya. Goa di Indonesia yang cukup terkenal ini bikin lo baper pengen selfie disana karena keunikan dan keindahannya. Markili.. Mari kita lihat!

1. Goa Jomblang, Pacitan

 

Cahaya surga adalah sebutan dari warga sekitar dan orang-orang yang udah berkunjungan ke Goa Jomblang. Goa Jombalng yang berkawasan di pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur ini masih satu komplek dengan area Gunungkidul, di perbukitan karst pesisir selatan yang memanjang dari Gombong. Epic banget ya gengs?

 

2. Goa Pindul, Yogyakarta.

Bisa dikatakan bahwa obyek wisata yang memiliki sungai bawah tanah ini masih tergolong baru nih Tebsholic, karena diresmikan sebagai destinasi wisata oleh pemerintah daerah tahun 2010 silam. Goa Pindul adalah obyek wisata yang juga sama masih terletak di kawasan Gunungkidul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Karangmojo. Gunungkidul, Yogyakarta.

 

3. Goa Maharani, Lamongan

Kalo di Singapore ada Universal Studios, Indonesia punya Goa Maharani tanpa buatan tangan manusia nih Tebsholic. Keaslian keindahan stalakmit dan stlaktit alami dengan pertumbuhan 1 cm per 10 tahunnya ini menjadi keunikan Goa Maharani. Pemerintah Kota Lamongan meresmikan Goa Maharani yang menjadi tempat destinasi wisata untuk warga. Maka dari itu dibantu dengan biaya pemerintah untuk tetap melestarikan dan membudidayakannya. Keren ya gengss?

 

4. Goa Gong, Pacitan

Terlihat seperti sama dengan Goa Maharani yang juga sama mempunyai stalakmit dan stlaktit yang alami. Lokasi dari Goa Gong ini berada di Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, sekitar 37 Km dari pusat kota. Pacitan juga bisa dikatakan Kota 1001 Goa, karena emang banyaknya tempat destinasi wisata goa di tempat ini. Gokil yah gengs Pacitan ini!

 

5. Goa Surupan, Kebumen

Goa Surupan yang gak kalah juga dengan keindahan stalakmit dan stalaktit yang masih alami. Gua Surupan yang berlokasi di kawasan karst Gobong Selatan dan berada di dua desa, yaitu Desa Argopeni dan Desa Karangduwur, Kecamatan Ayahh, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Itu baru sebagian kecil Goa-goa yang eksotis di Indonesia, karena masih banyak lagi Goa-goa yang juga bisa lo datengin dan keasrian serta kealamiannya juga masih terjaga banget.