MAKE YOUR OWN START-UP BUSINESS!

Banyaknya pertanyaan seputar pekerjaan apa yang harus lo jalani pasti bikin pusing. Ngga usah khawatir, Tebsholic, lo bisa memulai sendiri pekerjaan yang lo suka dengan membuat start-up pribadi. Make your own hobby into money!.

 

1. Tetapkan Ide Bisnis

Kalau lo memiliki kecintaan terhadap sesuatu, misalkan sepakbola atau lukisan antik, ada baiknya lo memulai membuat start-up bisnis yang ada kaitannya dengan kedua hal itu. Lo akan mudah menggali ide bisnis ketika lo tau bidang apa yang membuat lo tertarik. Jadi, lo harus tetapkan ide bisnis lo sebaik mungkin, jangan sampai berubah ketika sudah membuat business plan. Jangan lupa lakukan research market, apakah bisnis yang akan lo bangun memiliki target pembeli yang banyak dan lihat bagaimana daya saingnya.

 

2. Business Plan

you have to be as everything!. Maksudnya adalah, lo harus paham dengan sangat baik, bagaimana membuat bisnis dari berbagai angle. Lo harus siap menjadi bagian marketing, finance, administrasi, dan bagian-bagian lainnya yang termasuk dalam bisnis yang akan lo buat. Semua hal itu akan saling berkaitan, Tebsholic!.  Lo harus paham from A to Z, bagaimana target market, harga barang, packaging, hingga salary untuk karyawan atau team lo. Lakukan tes pasar sebelum lo me-release produk secara official, jika diperlukan. Hal ini berguna untuk mengetahui kebutuhan pasar secara real dan detail.

 

3. Make Your Solid Team!

This is the most important thing of all!. Yap, teamwork yang baik akan menghasilkan kinerja yang baik juga. Pastikan lo ngga asal pilih partner kerja, dan usahakan yang memiliki kesamaan visi dan misi. Membangun start-up akan super duper sulit, makanya lo juga harus mencari partner team yang bisa diandalkan dar segi apapun, mulai dari ide, hingga modal usaha.

 

4.Online Media

Digital media ampuh banget sebagai portal promo. Dengan semakin banyaknya pengguna internet, akan lebih mudah untuk mempromosikan start-up bisnis lo. Manfaatkan teman-teman atau keluarga lo yang berada di daerah lain, siapa tau, bisnis lo bisa go Internasional!.

 

5.Konsisten!

Yang paling berbahaya adalah ketika lo harus mengalami masa-masa sulit dalam membangun start-up bisnis. Perlu lo ingat, Tebsholic, progress yang baik adalah dengan memanfaatkan ide-ide kreatif yang dimiliki lo dan tim. Lo harus konsisten dengan bisnis yang lo buat, lakukan networking, cari investor dan klien yang sesuai dengan bisnis lo. “A Good Product Will Market Itself”. Jadi ngga perlu khawatir bangkrut, kalo lo PD dengan bisnis yang lo bangun sendiri.

 

Goodluck for you, Tebsholic! Sudah siap dong untuk jadi Entrepreneur? 

Let's Follow Instagram @TebsSodaID & Subscribe Youtube tebsteaID