TIPS MELAMAR PEKERJAAN UNTUK LO, FIRST JOB SEEKER

Udah lulus kuliah, tapi takut masuk ke dunia kerja? Aduh, terus mau jadi pengangguran selamanya?. No!. Coba ikutin tahap ini deh, siapa tau rezeki lo di dunia kerja makin dekat, Tebsholic!

1. LAKUKAN RISET

Sebelum membuat CV alias Curriculum Vitae yang oke, lo harus mencari tahu perusahaan tempat lo akan melamar pekerjaan. Usahakan yang sesuai dengan minat dan bakat lo. Atau kalau masih belum tahu apa minat dan bakat, lo bisa mencoba bekerja sebagai seorang freelancer. Selain jam kerja yang fleksibel, lo akan makin membuka diri dan melihat dunia kerja lebih jauh lagi. Coba konsultasi dengan keluarga yang seumur atau teman. Riset bisa dilakukan dengan cara mengobrol atau browsing. Memperluas jaringan pertemanan bisa menambah informasi tentang lowongan pekerjaan yang terasa pas untuk lo.

 

2. BUAT CV YANG OKE

 

Atur bagian dalam CV agar terlihat menarik. Kalau lo belum pernah memiliki pengalaman bekerja, ada baiknya tulis riwayat pendidikan di bagian paling awal. Setelah itu dilanjutkan dengan keterampilan, hobi, dan kegiatan lo sehari-hari. Lampirkan juga sertifikat yang lo punya. Apapun sertifikatnya, yang penting lo terlihat aktif dan sudah sering bekerja sama dalam tim. Organisasi sekolah juga bisa lo cantumkan sebagai penambah kegiatan ekstra. Dari sini, perusahaan akan melihat dimana bagian atau departemen kerja yang cocok dengan lo. Jangan lupa lampirkan kontak lengkap, agar perusahaan mudah menghubungi. Kalo lo jago design, buat CV lo menarik dengan bentuk yang nggak monoton, seperti botol juice atau bungkus crackers.

 

3. SEBAR CV

 

Setelah yakin kalau CV lo super keren walau nggak ada pengalaman kerja, lo bisa sebar CV ke banyak perusahaan. Lo nggak akan pernah tahu dimana rezeki lo berada, jadi jangan pelit sebar CV!. Gunakan halaman pencari kerja yang sudah banyak tersedia, kirim beserta surat lamaran pekerjaan yang sudah lo buat via online. Yakinkan perusahaan bahwa lo layak bekerja di perusahaan mereka dengan essai yang diketik rapih jika diperlukan.

 

4. PERSIAPKAN DIRI SEBAIK MUNGKIN

 

Tanya sebanyak mungkin orang-orang terdekat tentang ritual wawancara yang pernah mereka alami. Lo akan menemukan pertanyaan-pertanyaan lazim yang pasti ditanyakan pihak perusahaan seperti “bagaimana kegiatan sehari-hari”,apa yang ingin dilakukan dalam beberapa tahun ke depan?”, “apakah bisa bekerja dibawah tekanan?”, dan pertanyaan lainnya. Usahakan lo memiliki persiapan sebaik mungkin, mulai dari mempelajari ritme kerja perusahaan tersebut, dan latar belakang pekerjaan yang lo ajukan. Tujuannya, supaya lo paham Job Desk yang akan lo kerjakan.

 

5. BERDOA

 

The last but not least, pray!. Udah paling wajib dan afdol banget deh kekuatan doa, Tebsholic!. Jangan lupa yang rajin ya berdoa-nya, supaya lolos tes nya!.

 

Gimana, sudah siap melamar kerja kemana aja nih?

Let's Follow Instagram @TebsSodaID & Subscribe Youtube tebsteaID