BIKIN CV JADI KEREN, SUPAYA MAKIN PD INTERVIEW DI PERUSAHAAN FAVORIT LO

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion itu gampang-gampang susah ya. Lo harus bersusah payah bikin diri lo terlihat meyakinkan waktu dipanggil interview sama perusahaan yang akan meng-hire lo sebagai new team nya mereka. Tapi lo tau ngga sih, Tebsholic, kalo sebenarnya kekuatan terbesar lo ketika melamar pekerjaan adalah CV alias Curriculum Vitae yang tentu aja harus menarik dan orisinil. Mau tau gimana cara buatnya? Let’s take a look!

 

GUNAKAN BAHASA YANG BAIK DAN BENAR

Kebanyakan dari lo biasanya akan menggunakan bahasa international (english) sebagai dasar pembuatan CV. Ini diperbolehkan kok, asalkan lo menggunakan bahasa yang mudah dimengerti dan ngga berantakan. Bahasa asing bisa jadi modal penting yang harus lo kuasai ketika melamar ke perusahaan non english seperti Mandarin, Jepang, atau perusahaan berbahasa asing lainnya.

 

 

BUAT DESIGN YANG EYE-CATCHY

Mostly, pembuat CV jaman sekarang udah lebih kreatif. Mereka menggunakan tampilan homepage Facebook yang dijadikan halaman dasar CV, ketika melamar pekerjaan ke Facebook. CV unik lainnya adalah ketika lo melamar ke kantor TV atau Magazine, lo bisa membuat pop-up scrapbook berbentuk TV atau Magazine, yang ketika dibuka terlihat detail biodata lo. Seru kan!

 

SHOW YOUR PASSION !

Sudah jadi keharusan, kalau CV yang lo buat akan melambangkan karakter lo. So, kalau lo pengen banget bekerja di perusahaan idaman, CV yang lo buat harus menunjukkan passion yang lo punya. Contohnya adalah, buat CV lo menjadi menarik dengan merekam biodata lo dalam sebuah kaset ketika lo melamar menjadi seorang Announcer atau News Anchor. Atau lo bisa membuat sebungkus permen chocolate dengan bungkusan yang mencantumkan biodata lengkap lo, di bagian ingredients, ketika lo melamar sebagai Brand Manager sebuah perusahaan cokelat raksasa.

 

HINDARI FOTO PROFILE YANG TERLALU BERLEBIHAN

Perlu diingat kalau lo melamar di perusahaan international sebagai karyawan, bukan sebagai talent artist, jadi lo ngga perlu foto dengan gaya yang berlebihan. Foto profile yang lo lampirkan juga harus perfect, bukan berarti dandan menor. Cukup apa adanya tapi tetap menunjukkan sikap profesionalitas dan keramahan lo. Lo juga nggak perlu foto di tempat yang jauh untuk mendapatkan hasil yang oke. Manfaatkan lingkungan sekitar, yang penting saat dilampirkan dalam CV, foto lo terlihat tajam dan nggak blur.

 

Voila, now you can show yourself to the world!. So, udah tau mau kerja dimana, Tebsholic?

Let's Follow Instagram @TebsSodaID & Subscribe Youtube tebsteaID