ROCK & WALL CLIMBING ESSENTIALS!

Tertarik dengan Rock & Wall Climbing, Tebsholic? Buat lo yang masih pemula dalam hobi ini, pasti udah mulai bikin daftar gear apa aja yang dibutuhin, kan? Nah sebelum beli, mending baca ini dulu buat jadi guide!

 

SEPATU CLIMBING - Kalo lo punya sepatu atletik yang ringan untuk segala medan, lo bisa pake sepatu itu, Tebsholic! Tapi kalau mau performa yang lebih, beli sepatu spesifik untuk memanjat tebing yang jenisnya lentur, mengikuti bentuk kaki, dan memiliki sol karet tebal supaya lo bisa nginjek celah-celah tebing dan gak licin. Range harga untuk sepatu ini mulai dari Rp. 800.000 - Rp. 2.000.000.

 

HELM - Pastiin helm yang mau lo beli udah tersertifikasi secara internasional bahkan disetujui oleh federasi memanjat internasional (UIAA). Helm ini biasanya ringan namun bahan plastiknya solid dan kuat, didalamnya terdapat foam yang cukup ketat untuk melindungi kepala dari guncangan, dan lubang-lubang ventilasi supaya udara tetap bisa masuk kedalam kulit kepala, plus pengait tali helm yang kencang dan dapat diatur supaya helm tidak mudah lepas. Range harga untuk helm climbing sekitar Rp. 600.000 - Rp. 1.300.000.

 

HARNESS - Pengaman yang terikat pada pinggang pemanjat ini ada dua jenis, seat dan full body. Pilih harness yang kuat tapi nyaman untuk menopang badan lo, Tebsholic! Cari ukuran harness yang pas sama badan dan ketat tapi gak membatasi gerakan lo. Harga untuk harness dengan kedua tipe ini berkisar Rp. 400.000 - Rp. 2.000.000.

 

TALI - Tebsholic, lo harus tau ada 2 tipe tali yang digunakan untuk memanjat. Tali hawserlaid dengan kelenturan 40% dan kernmantel dengan kelenturan 2-20%, masing-masing panjang standar 50meter dan diameter sampe 10mm. TLebih baik konsultasi sama climbing expert atau ke perusahaan yang menjual tali supaya lo bisa dapet tali yang tepat karena harga tali untuk memanjat ini nggak murah, berkisar dari Rp. 1.500.000 - Rp 3.600.000. So jangan sampe salah beli ya Tebsholic supaya lo gngak rugi.

 

CARABINERS - Cincin kait yang terbuat dari alumunium alloy sebagai pengait dan dikaitkan dengan alat memanjat lainnya. Jenisnya ada yang berupa skrup dan ada yang berupa snap. Bentuknya ada oval, seperti huruf D, atau berbentuk buah pir. Biasanya semakin ringan dan kuatnya karabiner, harganya semakin mahal nih, Tebsholic. Lo bisa beli karabiner mulai dari harga Rp. 150.000 - Rp. 450.000.

 

BELAY DEVICE - Nah alat ini digunain untuk menambat atau menjaga keluarnya tali dengan teratur supaya pada saat lo manjat atau turun gak akan tergelincir. Alat penambat yang dikenal anak-anak climbers yaitu GriGri karena bisa menambat tali secara otomatis plus menguncinya dengan baik. Untuk perangkat belay biasa harganya dari Rp. 230.000 - Rp. 400.000, nah tapi untuk GriGri bisa sampai sekitar Rp 1.000.000!

 

Nah segini dulu Tebsholic, gear yang bisa lo kumpulin kalo lo masih pemula, nanti semakin sering climbing, lo akan semakin tau climbing gear yang lo butuhin. Banyak browsing dan ngobrol sama anak-anak climbers supaya pengetahuan lo semakin luas dan yang paling penting, selalu jaga keselamatan ya!

 

Let's Follow Instagram @TebsSodaID & Subscribe Youtube tebsteaID