Cara Menjadikan Kegiatan Menulis Sebagai Hobi Terbaru Lo

Ada beberapa tips nih buat kalian semua yang membutuhkan pelarian dari kehidupan nyata. Kalian pernah merasa tidak senang sama kerjaan kalian yang sekarang? Mungkin pemikiran ini pernah melintas di pikiran kalian…”Masa iya aku udah susah susah kuliah sampai S2 tapi nggak enjoy dengan pekerjaan ku yang sekarang sih?”

 Nah, apa yang kalian pernah lakukan untuk melepaskan rasa galau tersebut?  Ada satu kegiatan yang mendapat mengurangi beban pikiran kalian tanpa harus mengeluarkan tenaga dan salah satu kegiatan itu hanya dengan cara menulis.

Menulis itu bisa dalam berbagai bentuk, yaitu esai, jurnal, dan blog. Banyak blogger yang berawal dari ingin menceritakan kisah hidup sehari-hari nya sampai menjadikan menulis sebagai pekerjaannya. Salah satu contoh nya adalah Raditya Dika. Ia mengawali karirnya dari hobi nya sebagai blogger yang menceritakan kehidupan nya saat berkuliah di Adelaide, Australia. Tanpa diketahuinya, ia mempunyai banyak penggemar yang jatuh hati dan tertarik dengan karyanya. 

Lagi pula, para ahli juga menyatakan bahwa menulis itu bermanfaat untuk kesehatan dan bisa menjadi pelampiasan untuk melupakan rasa stress. Mungkin, ada banyak hal yang kalian tidak bisa ungkapkan secara langsung, baik itu dengan rekan kerja, teman, ataupun anggota keluarga.

Menulis itu adalah sebuah pelarian, maka itu kamu bisa menjadikan menulis sebagai hobi barumu. Untuk kalian yang belum pernah kepikiran untuk menulis, nggak usah khawatir harus mulai darimana. Menulis itu tidak ada batasnya. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk menjadikan kegiatan menulis sebagai hobi terbarumu:

Carilah waktu luang untuk menulis

(Image Source: Pixabay) 

Menulis tidak membutuhkan waktu yang banyak, dan tentunya, kalian bisa menulis kapanpun dan dimanapun saja. Mungkin kalian bisa meluangkan waktu hanya 15 sampai 30 menit untuk menulis. Tetapi, jangan menjadikan menulis itu sebagai beban ya! Dikarenakan menulis itu hobi, kalian bisa menulis di akhir minggu.

2. Mendapatkan mood untuk menulis

(Image Source: Pixabay)

Ingat ya Storialis, kalian nggak bisa memaksakan diri kalian untuk menulis, karena terkadang, apa yang kita pikirkan dan ingin katakan tidak sesuai. Maka itu terkadang kita jadi malas untuk menulis. Tetapi, kalian tau nggak sih, dengan menyesuaikan mood kita untuk menulis, kegiatan menulis itu jadi lebih gampang! Jadi, bagaimana cara nya mendapatkan mood untuk menulis nih? Untuk mendapatkan mood, kosongkan pikiran kalian yang menyangkut dengan pekerjaan atau hal yang membuat kalian risih. Mungkin dengan bantuan lagu favoritmu, atau berkunjung ke tempat kesukaanmu, kalian bisa mendapatkan motivasi yang kalian inginkan! Selain itu, kalian juga bisa mencari inspirasi dari penulis favorit. 

3. Menulislah tanpa harus memikirkan kesalahan tata bahasa

(Image Source: Pixabay)

Di saat kalian menjadikan tulisan sebagai hobi, kalian tidak usah terlalu pusingkan tata bahasa. Kalian harus menjadikan menulis itu sebagai kegiatan yang seru dimana kalian bisa merasa nyaman. Karena itu, kalian bisa menulis dengan gaya kalian sendiri lebih terdahulu. Kalau pada akhirnya kalian ingin menyelesaikan karyamu, langkah berikutnya adalah untuk baca ulang draft kalian. 

4. Bacalah ulang draft kalian

(Image Source: Pixabay)

Membaca ulang draft kalian itu sangat penting. Mungkin di saat kalian menulis, kalian tidak memperhatikan tata bahasa ataupun struktur kalimat. Untuk merevisi draft kalian, kalian bisa membaca draft kalian kepada orang lain untuk meminta pendapat, ataupun membaca ulang sendiri. 

5. Perbaiki tata bahasa apa pun

(Image Source: Pixabay)

Tata bahasa itu sangat penting, terutama di industri penulisan. Dengan tata bahasa yang kacau, maupun salah, kalimat yang disampaikan bisa diartikan berbeda. Ini bisa sangat mempengaruhi pesan yang ingin anda sampaikan.

6. Karya pertama mu sudah selesai! 

(Image Source: Pixabay)

Dengan megikuti langkah-langkah ini, kalian sudah siap untuk menulis karya pertama kalian!

Salah satu keuntungan dari menulis itu adalah, kalian bisa menulis dengan semau kalian tanpa dikritik. Menulis itu ibarat pelarian dari kehidupan nyata! Di mana kita bisa menuangkan semua perasaan dan kata-kata di kertas kosong. Rasanya, lega kan? Karena hobi itu menyenangkan dan tidak harus dijadikan sebagai pekerjaan yang membebankan. Untuk kalian yang ingin ber terjun ke dunia menulis dan menjadikannya sebagai hobi, kalian bisa mulai dari: 

 

Membuat buku harian untuk latihan menulis

Cari waktu yang tepat dan tempat yang tenang untuk menulis

Menulis karena kalian ingin bukan karena terpaksa

Aktif di organisasi atau forum yang berhubungan dengan hobi kalian 

Tanya pendapat teman mengenai karya kalian 

Jadi kalau di saat ini juga kalian ada perasaan atau pikiran yang mengganjal atau tidak menayangkan, atau mungkin mau mengeluarkan ide-ide yang ada di dalam pikiranmu dalam bentuk cerita. Ada satu solusinya.. yaitu nulis aja