Beberapa Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari Saat Buka Puasa

Tebsholic, minum es, makan gorengan, makanan pedas memang enak disantap Ketika buka puasa. Engga dipungkiri buka puasa memang jadi moment yang paling menyenangkan dan cocok buat “bales dendam” karena seharian menahan haus dan lapar.

Meski lo senang karena akhirnya bisa makan, bukan berarti lo bisa makan seenaknya. Agar moment buka puasa lo engga berubah jadi masalah, berikut ini ada beberapa kebiasaan buruk saat berbuka puasa yang lo kamu hindari.

1. Makan makanan berminyak saat berbuka.

Gorengan kayanya sudah jadi salah satu makanan yang hampir selalu ada saat berbuka. Namun sayangnya gorengan atau makanan berminyak lainnya bukanlah makanan yang ramah bagi organ pencernaan terutama saat berbuka puasa. Ini karena menyantap makanan berminyak saat perut masih dalam keadaan kosong akan membuat perut jadi kembung bahkan kram perut.

2. Makan terlalu cepat.

Sayangnya karena merasa hanya memiliki waktu yang sedikit, membuat sebagian kadang makan terlalu cepat tanpa benar-benar menikmati apa yang dimakan. Padahal semakin cepat lo makan, akan membuat lo semakin lapar dan tidak berhenti mencoba semua makanan.

Hal ini terjadi karena otak butuh waktu sekitar 15 sampai 20 menit untuk memberitahu bahwa tubuh sudah kenyang. Selain otak, sistem pencernaan juga butuh waktu untuk memproses semua makanan yang lo konsumsi.

3 Kurang makan sayur dan buah.

Sayur dan buah menjadi dua makanan paling sehat di dunia, semua orang tahu itu. Kalau lo salah satu orang yang anti makan sayur dan buah, lo harus tahu bahwa kedua makanan ini sangat penting bagi tubuh terutama ketika sedang berpuasa.

Seperti yang lo tahu, sayur dan buah mengandung banyak vitamin, serat, dan nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh untuk tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.