Jarang Disadari, Sifat Buruk Ini Bakal Bikin Orang Lain Risih Sama Lo

Setiap orang tuh pasti punya sifat buruk, bedanya ada yang sadar sama hal itu lalu berusaha untuk memperbaiki diri. Ada pula yang engga sadar kalau apa yang selama ini ia lakukan berpotensi menyakiti orang lain.

Mungkin lo merasa melakukan hal baik dengan membantu, sharing, atau peduli. Namun, respon tiap orang berbeda-beda. Bisa saja ada yang merasa engga nyaman atau bahkan ilfeel. Untuk itu, lo perlu tahu kira-kira sifat apa saja sih yang bisa bikin orang lain risih?

1. Ngerasanya berbagi ilmu, namun bisa dianggap sok tahu dan menggurui.

Berhati-hatilah dengan apa yang lo anggap benar. Kada apa yang benar buat lo belum tentu benar untuk orang lain. Apalagi untuk hal-hal yang sensitif untuk dibahas.

Kalau lo emang ingin berbagi ilmu, jangan sampai melibatkan emosi negatif. Orang lain juga punya kesempatan buat belajar dan memperbaiki kesalahan. Merasa diri sendiri pintar justru akan merugikan diri sendiri.

Ketika mengobrol dengan orang lain, pastikan kalau lo engga mendominasi obrolan. Apalagi dengan sengaja mematahkan topik dengan alasan subjektif bisa membuat orang lain merasa direndahkan.

2. Terlalu perhitungan.

Sifat ini wajar banget dimiliki oleh setiap orang. Namun, kalau berlebihan pasti bakalan bikin orang lain merasa gak nyaman. Sifat perhitungan memang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting buat lo melihat suatu hal.

Tapi, lo juga harus melibatkan situasi dan kondisi saat itu supaya keputusan yang diambil tetap rasional, dan gak menyakiti orang lain.

3. Tahan rasa kepo lo, tiap orang punya privasi.

Nah, hal ini seringkali terjadi, rasa "kepo" yang mendominasi. Hal seperti ini sudah pasti bikin orang lain jengah dengan sikap lo. Harus diingat bahwa semua orang memiliki privasi. Lo pun harus menghargai batasan tersebut.