Lo Harus Waspada Kalo Suka Charger HP di Bandara

Sekarang kalau liburan tuh engga bisa lepas dari yang namanya gadget. Tempat pengisian daya ponsel pun saat ini semakin mudah ditemui di tempat umum. Namun, usahakan sebisa mungkin untuk mengisi penuh daya ponsel sebelum berangkat liburan.

Dilansir dari Travel And Leisure, Jumat (23/4/2021) lo bisa loh kena tipu. Penipuan yang dimaksud adalah gadget lo bisa diretas atau dibaja lewat pengisi daya USB publik. Tempat-tempatnya sendiri ada mulai dari di bandara sampai restoran.

"Penjahat memuat malware (virus-red) ke stasiun pengisian daya atau kabel yang mereka biarkan terpasang di stasiun sehingga mereka dapat menginfeksi ponsel dan perangkat elektronik lainnya tanpa membuat pengguna lain curiga," ujar Kantor Kejaksaan Distrik LA.

Viru ini berupa Malware dan dapat mengunci perangkat atau mengekspor data serta sandi dari smartphone. Data tersebut kemudian akan langsung diterima oleh penipu. Engga hanya bandara atau restoran, wisatawan juga diperingatkan supaya engga meminjam pengisi daya telepon dari resepsionis hotel.

Hal ini diketahui karena kualitas pengisi daya tersebut tak bisa dipastikan. Bisa-bisa malah smartphone lo yang rusak.

"Pengisi daya yang lebih murah tidak selalu memiliki standar pengisian dengan voltase yang benar," ujar Brad Nichols, teknisi perbaikan untuk Staymobile.

Pengisian paling baik adalah dengan kabel milik sendiri dan di area private. Misalnya kamar hotel atau menggunakan power bank.