Jangan 'Adu Nasib' Saat Dicurhati Atau Hal Ini yang Bakal Lo Dapat!

Tebsholic, curhat itu memang kegiatan yang dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang saat mengalami permasalahan. Disaat dicurhati, setiap orang harus belajar jadi pendengar yang baik agar hubungan sosialnya bisa berjalan dengan harmonis nih.

Tapi kenyataannya engga semua orang bisa memiliki kemampuan untuk jadi pendengar yang baik. Malahan sebagian orang masih sering melakukan 'adu nasib' ketika lagi dicurhati. Maksudnya adalah orang yang dicurhati lebih senang membandingkan permasalahan hidupnya dengan orang yang curhat tanpa diminta.

Nah, hal tersebut tentunya bakalan bikin orang lain merasa sebal dan engga nyaman dalam bercerita. Ada beberapa dampak buruk yang bakalan lo dapat kalau masih sering melakukan adu nasib. Buat lebih jelasnya lo bisa simak pembahasan berikut ini.

1. Orang lain engga akan mau curhat lagi.

Sebelumnya sudah disebutkan kalau menyikapi curhatan dengan 'adu nasib' adalah sebuah perbuatan blunder. Percaya deh kalau orang lain pasti akan engga bakalan senang jika kamu melakukan hal semacam itu. Dengan adanya hal tersebut, dia ga bakalan lagi mau curhat sama lo dan kemungkinan besar dia juga akan ngejauh sebab engga ada rasa peduli di dalam diri lo.

2. Kamu bakal dicap sebagai orang yang engga punya empati.

Rasa empati tuh wajid dimiliki oleh setiap orang. Apalagi ketika ada yang curhat, lo harus mau mengeluarkan rasa empati untuk menghargai setiap perkataan orang tersebut. Percaya deh bahwa sejatinya dia hanya ingin didengarkan, bukan dibandingkan dengan diri lo.

Lalu jangan malah melakukan 'adu nasib' karena hal tersebut sesungguhnya bakalan melukai hatinya. Kalau diajak curhat oleh orang lain, tanggalkanlah ego lo dan mulai berempati terkait apa yang dirasakannya.

3. Lo bakal lebih cenderung memikirkan keadaan diri sendiri.

Bisa dikatakan kalau orang yang cenderung 'adu nasib' saat dicurhati itu punya pribadi yang egois. Dia engga memikirkan perasaan orang lain dan lebih menekankan kalau dirinya juga menderita. Terkadang lo tuh harus mengesampingkan ego dan permasalahan hidup diri sendiri ketika sedang dicurhati. Pusatkan perhatian terhadap apa yang dirasakan oleh orang yang curhat sama lo hingga saat ini. Dengan melakukan hal itu, dia pasti akan nyaman jika curhat sama lo.