Kampung Arab di Indonesia Ini Bisa Jadi Referensi Wisata Religi Selama Ramadan

Indonesia terkenal sebagai negara yang punya banyak suku dan budaya. Salah satunya masyarakat keturunan Arab yang menempati beberapa kota di Indonesia. Karena hal itu , cukup banyak perkampungan Arab yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Kampung Arab ini pun memiliki ciri khasnya masing-masing, mulai dari budaya, tradisi, hingga kuliner khasnya yang unik. Saat Ramadan, kampung Arab menjadi salah satu destinasi yang ramai dikunjungi wisatawan.

Berikut ini tiga Kampung Arab di Indonesia yang bisa jadi jujugan wisatamu.

1. Kampung Arab Pekojan.

Zaman dahulu, kawasan ini merupakan pelabuhan tersibuk di dunia. Gak heran kalau banyak warga asing yang awalnya hanya ingin berdagang, tetapi justru menetap di kawasan Pekojan. Salah satunya warga Arab yang diperintahkan pemerintah Belanda untuk tinggal di sana.

Terdapat beberapa bangunan bersejarah di Pekojan. Tiga masjid tua telah berdiri sejak zaman kolonial yang kini menjadi cagar budaya, yakni Masjid Langgar Tinggi, Masji Annawier, dan Masjid Al-Anshor.

Lokasi: Jalan Pekojan, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

2. Kampung Arab Pekalongan.

Kampung Arab Pekalongan menjadi destinasi wisata sejarah dan religi. Terdapat peninggalan orang Arab seperti masjid wakaf hingga bangunan dengan arsitektur khas Timur Tengah.

Saat Ramadan, komunitas Fest Kalongan kerap menggelar beberapa acara yang dilakukan sejak sore hari hingga waktu berbuka puasa. Pengunjung pun bisa mengikuti buka puasa bersama di sana.

Lokasi: Jalan Surabaya, Kelurahan Sugiwaras, Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

3. Kampung Arab Surabaya Ampel.

Kampung Arab Surabaya Ampel jujugan wisata religi dan sejarah Ramadan. Terdapat makam Sunan Ampel hingga kemeriahan Festival Kampung Arab yang bisa kamu kunjungi di kawasan ini.

Festival tersebut menampilkan musik gambus dan marching band yang dimainkan warga keturunan Arab. Selain itu, beragam kuliner hingga budaya khas Timur Tengah pun disuguhkan untuk pengunjung, seperti tato hena.

 

Lokasi: Jalan Ampel Kejeron I nomor 4, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur.