Buat Lo Yang Ngerasa Engga Pede, Ini Dia Kuncinya!

Engga sedikit orang yang kerap terjebak sama sikap rendah diri. Rasa maupun eksternal. Rasa percaya diri sendiri merupakan dorongan dari dalam diri seseorang agar ia mampu mengenal dirinya sendiri, meyakini kemampuan yang dimiliki, dan bertindak dengan keyakinan yang ia punya.

Asal ga berlebihan, rasa percaya diri punya peran penting untuk kebaikan diri sendiri, dan kesehatan mental. Kepercayaan diri berhubungan dengan kepuasan dalam hidup, rasa optimis, dan rasa bahagia. Percaya diri yang sehat juga berkaitan dengan prestasi, keahlian dalam memecahkan masalah, serta kemampuan mengontrol kehidupan sendiri.

Berikut ini adalah tips buat meningkatkan kepercayaan diri lo.

1. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Pertama, tanamkan dalam diri lo kalau hidup bukanlah sebuah kompetisi. Lo mungkin sering merasa kalah dari pencapaian teman ataupun saudara dan iri saat mendengar gaji sahabat lebih tinggi, atau merasa tidak percaya diri karena fisik orang lain lebih baik.

Membandingkan diri dengan orang lain kerap bikin iri, dan perilaku tersebut bukanlah hal yang sehat. Apabila sewaktu-waktu pikiran tersebut terbesit, ingatkan diri lo kalau hal tersebut merupakan perilaku yang sia-sia.

2. Sayangi diri dengan gaya hidup sehat dan self-care.

Gaya hidup yang ga sehat, dapat membuat tubuh tersiksa. Sebut saja, ga beristirahat dengan cukup, kekurangan makanan bernutrisi, atau malas berolahraga. Faktanya, gaya hidup sehat ga hanya membuat lo fit secara fisik, namun juga meningkatkan kondisi mental dan kepercayaan diri. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam Neuropsychiatric Disease and Treatment, beraktivitas fisik dengan teratur, terbukti dapat menghadirkan citra tubuh yang positif. Citra tubuh yang positif membantu lo untuk lebih percaya diri.

Kombinasikan gaya hidup sehat, yang diiringi dengan self-care. Melalui langkah ini, berarti lo meluangkan waktu untuk menyenangkan diri, dengan cara yang positif. Self-care yang lo lakuin bisa dalam bentuk belanja, travelling, hangout sama teman, dll. Tapi inget asal ga boros.

3. Menerima keraguan diri.

Memiliki keraguan dalam diri merupakan hal yang wajar, bahkan bagi orang yang sudah berpengalaman sekalipun. Lo ga harus 100% percaya diri, sebelum melakukan sesuatu. Sebuah riset yang dimuat di Psychology of Sport and Exercise membuktikan, keraguan diri yang muncul, sebenarnya membantu lo ngasih performa yang baik.

Menerima keraguan, bukan berarti melakukan suatu kegiatan tanpa persiapan ya. Lo tetap harus memahami yang akan dijalani dengan tetap merangkul keraguan diri sendiri. Persiapan dan pemahaman yang matang, dapat meningkatkan percaya diri.