CLUBHOUSE, APLIKASI OBROLAN SUARA BARU YANG MULAI POPULER

Belakangan ini, lo pasti sering liat temen-temen lo posting tentang aplikasi obrolan suara Clubhouse. Aplikasi CLubhouse semakin populer ketika CEO Tesla Elon Musk menggunakannya dan menunjukkannya kepada warganet di kanal YouTube. Di China, Clubhouse bahkan dijadikan tempat untuk membicarakan topik-topik terlarang, seperti persoalan Uighur, demo pro-demokrasi di Hong Kong, dan kemerdekaan Taiwan.

Terus, apa sih itu Clubhouse? Dikutip dari Bussiness Insider, 11 Februari 2021, Clubhouse didirikan pada 2020 dan merupakan media sosial buatan AS yang berbasis audio. Singkatnya, Clubhouse memungkinkan pengguna membuat dan bergabung dalam satu 'ruang' virtual untuk mengobrol dengan orang lain dalam panggilan konferensi yang besar. Aplikasi itu hanya berbentuk audio, tak ada gambar, video atau bahkan teks. Pengguna juga dapat bergabung dan meninggalkan panggilan kapan saja, mengubah ruangan mana pun menjadi aula rapat umum.

Perlu diketahui, pengguna hanya bisa bergabung ke dalam Clubhouse melalui undangan. Artinya, harus dibuat oleh seseorang yang sudah memiliki akun. Meski calon pengguna dapat mengunduh aplikasi dan memasukkan namanya dalam daftar tunggu, tapi tak ada jaminan ia mendapatkan akun dengan cara itu. Selain itu, Clubhouse saat ini hanya tersedia untuk pengguna iPhone. Namun, CEO Clubhouse Paul Davidson mengatakan, aplikasi itu pada akhirnya akan terbuka untuk semua orang, termasuk pengguna Android.