E-SPORT JADI CABANG OLAHRAGA RESMI DI ASIAN GAMES 2022

Kabar gembira buat lo pecinta e-sport nih, Setelah debut sebagai cabang olahraga eksibisi di Asian Games 2018, e-sport bakal resmi menjadi cabang olahraga (cabor), yang pertama kali akan dipertandingkan di ajang Asian Games 2022 di Guangzhou, China. Dua tahun lalu, e-sport pertama kali dipertandingkan dalam perhelatan Asian Games Jakarta-Palembang. Namun saat itu, pertandingan e-sport masih dalam taraf eksibisi.

Kabar ini disampaikan oleh panitia penyelenggara Asian Games Guangzhou, melalui akun media sosial mereka baru-baru ini. Kabar ini menyusul keputusan Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang menyetujui proposal yang diajukan oleh panitia penyelenggara Asian Games 2022 pada Pertemuan Majelis Umum Dewan Olimpiade Asia ke-39 di Muscat, Oman.

Proposal tersebut berisi permohonan penambahan e-sport dan break dance ke dalam cabor pertandingan Asian Games 2022. Dalam keputusan tersebut, Dewan Olimpiade Asia akhirnya mengategorikan e-sport sebagai olahraga pikiran dan break dance sebagai olahraga tari. Sejauh ini, panitia penyelenggara belum memberikan detail spesifik terkait bagaimana pertandingan e-sport akan berlangsung dan game apa saja yang akan dipertandingkan. Dengan dimasukkannya e-sport ke dalam cabor resmi, menandakan bahwa gaming telah diakui sebagai olahraga dalam ajang multi-olahraga terkemuka, seperti Asian Games. Selain itu, medali yang diraih dalam kompetisi e-sport ini juga akan dihitung untuk negara atlet di tabel perolehan medali. 

Asian Games 2022 sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Guangzhou, China dari tanggal 10-25 September 2022. Yuk kita dukung tim E-sport Indonesia bisa ikut serta dan mengharumkan nama bangsa.