KETERBATASAN BUKAN PENGHALAN UNTUK MAJU ALA STEVIE WONDER

Stevland Morris atau Stevie Wonder, adalah pria tuna netra yang lahir 13 Mei 1950 ini, dikenal sebagai penyanyi, penulis lagu, produser rekaman, dan aktivis sosial.

Ia telah merekam lebih dari 30 hits,  memenangkan 21 Penghargaan Grammy (sebuah rekor untuk artis solo), satu untuk lifetime achievement, ia telah memenangkan sebuah piala Oscar untuk Lagu Terbaik dan masuk ke Rock and Roll dan Songwriters Halls of fame. Stevie Wonder dilahirkan secara prematur di Saginaw, Michigan dengan ibu Lula Mae Hardaway. Beruntung, Stevie mempunyai seorang ibu yang bijak melihat kekurangan fisik anaknya. Ia mengajarkan anak-anaknya yang lain untuk memperlakukan Stevie seperti orang lain, tidak mengejek atau membantunya terlalu banyak. Stevie sejak kecil dikenal mandiri. Ia mulai belajar menyanyi dan memainkan alat musik di gereja sejak usia dini, terutama piano, conga dan harmonika. 

Bakat musik Stevie membuka mata bos perusahaan rekaman Motown, yaitu Berry Gordy, akan potensi seorang bocah difabel itu.Saat ia datang ke Motown, Stevie baru berumur 10 tahun. Motown saat itu adalah perusahaan rekaman yang besar. Sejumlah musisi yang berada di bawah naungan Motown diantaranya Otis Redding, Marvin Gaye, dan Smokey Robinson. Berry Gordy memberi nama bocah ajaib itu dengan nama Little Stevie Wonder yang kemudian berubah menjadi Stevie Wonder saja. Sebagai musisi, Stevie memang serba bisa. Ia seorang multi-instrumentalis, dia bisa memainkan piano, kibor,  berbagai synthesizer, harmonika, drum, perkusi, dan memiliki peran signifikan dalam membawa synthesizer ke garis depan musik populer. Sementara lagu-lagunya juga memiliki beragam jenis musik, mulai dari klasik, pop, sedikit rock dan tentu saja jazz.