JAM TIDUR LO BERANTAKAN? INI DIA CARA AGAR JAM TIDUR LO KEMBALI NORMAL

Sering sekali beberapa orang mengalami kesulitan parah untuk tertidur, tentu ini berakibat pada jam tidur yang kacau dan berdampak dalam aktifitas kita seharian. Jam tidur bisa terganggu karena banyak faktor seperti kesehatan, gaya hidup, hingga pola makan. Tidur yang buruk dapat berdampak negatif pada banyak bagian tubuh dan otak. Ini termasuk belajar, ingatan, suasana hati, emosi, dan berbagai fungsi biologis loh.

Nah buat Tebsholic yang mengalami kesulitan untuk tidur, yuk coba ikuti beberapa tips dari Tebs di bawah ini.

 

Hindari paparan cahaya

Salah satu cara terbaik untuk memperbaiki jadwal tidur adalah dengan mengatur paparan cahaya sebelum kita tidur. Ketika terkena cahaya, otak berhenti memproduksi melatonin, hormon tidur. Ini membuat tubuh merasa terjaga dan waspada. Sebaliknya, kegelapan memberi tahu otak untuk membuat lebih banyak melatonin, sehingga tubuh merasa mengantuk.

Lewatkan Tidur Siang

Jika jadwal tidur lo rusak, hindari tidur siang, karena dapat membuat lo sulit kembali tidur di malam hari. Tidur siang yang lama juga dapat menyebabkan pusing yang diakibatkan oleh bangun dari tidur.

Jika harus tidur siang, usahakan tidur kurang dari 30 menit. Yang terbaik juga adalah tidur siang sebelum jam 3 sore, jadi tidur malammu tidak terganggu.

Olahraga Teratur

Salah satu cara untuk mengatur ulang jam tidur adalah olahraga teratur. Sebagian besar jaringan termasuk otot rangka terkait dengan jam biologis. Jadi, saat berolahraga, otot merespons dengan menyelaraskan ritme sirkadian pengatur tidur.

Olahraga juga membantu tidur lebih nyenyak dengan meningkatkan produksi melatonin. Latihan aerobik sedang selama tiga puluh menit dapat meningkatkan kualitas tidur pada malam yang sama.

Hindari Makan Sebelum Tidur

Sebaiknya hindari makan sebelum tidur. Tidak makan sebelum tidur akan membuat tubuh berpuasa selama tidur. Tubuh akan terus membakar kalori saat tidur. Jika tubuh berpuasa sebelum tidur, kemungkinan besar tubuh akan merasa lapar di pagi hari. Ini akan memotivasi untuk bangun pagi, kemudian kembali ke jadwal tidur normal selama beberapa hari ke depan.

Berlatih relaksasi

Meluangkan waktu untuk relaksasi dapat membantu tidur lebih nyenyak. Saat stres atau cemas, tubuh memproduksi lebih banyak kortisol, hormon stres. Semakin tinggi kortisol, tubuh semakin terjaga.

Membuat ritual tidur yang menenangkan dapat mengurangi stres dan efek negatifnya pada tidur. Fokus pada aktivitas yang menenangkan, seperti yoga, peregangan, meditasi, latihan pernapasan, penjurnalan, atau minum teh bebas kafein.