NOROVIRUS?? INI DIA GEJALA-GEJALANYA!

Padahal, Virus corona belum juga selesai tapi masyarakat dunia kini mulai menghadapi munculnya wabah baru yaitu Norovirus. Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, norovirus adalah virus yang sangat menular yang menyebabkan orang yang terinfeksi akan mengalami muntah dan diare serta dapat menyerang segala usia.

Gejala norovirus

Menurut CDC Amerika Serikat, infeksi norovirus menyebabkan radang lambung atau usus yang disebut gastroenteritis akut.

Orang yang terinfeksi akan mengalami gejala hanya dalam waktu 12 hingga 48 jam setelah terpapar virus. Umumnya, orang yang terinfeksi virus ini bisa membaik dalam satu hingga tiga hari.

Gejala umum saat terinfeksi norovirus antara lain adalah diare, muntah, mual, sakit perut, demam, sakit kepala, dan pegal-pegal. Kondisi muntah dan diare yang parah bisa menyebabkan dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar.

Saat penderita mengalami dehidrasi, itu bisa memicu penyakit serius. Kondisi ini banyak dialami oleh anak kecil, orang tua, dan orang dengan kondisi penyakit lain.

Selain itu, saat dehidrasi terjadi, penderita juga akan sedikit buang air kecil, mengalami kering mulut dan tenggorokan, pusing saat berdiri, dan pada anak-anak mereka akan menangis namun dengan sedikit atau bahkan tanpa mengeluarkan air mata.

Penanganan dan pencegahan

Guru besar pada Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia – RS Cipto Mangunkusumo, Prof Dr dr Ari Fahrial Syam SpPD(K) MMB FINASIM FACP mengatakan, penanganan infeksi norovirus adalah dengan memberikan obat-obatan untuk menghilangkan gejala sakit. Selain itu juga penting untuk mencegah terjadinya dehidrasi akibat muntah dan diare.

Karena kondisi perut dan pencernaan yang terganggu, pasien yang terinfeksi norovirus juga harus mengganti makanan dengan yang lebih lunak, seperti bubur dan menghindari makanan pedas dan berlemak.

Untuk mencegah terinfeksi norovirus, Prof Ari menyebutkan ada cara yang bisa kita lakukan, yaitu memastikan kualitas dan kebersihan makanan, baik yang disediakan oleh restoran, kantin atau pun di rumah.

Selain itu, masyarakat juga diingatkan untuk harus selalu rajin menjaga kebersihan seperti mencuci tangan memakai sabun sebelum melakukan aktivitas apa pun, termasuk makan.

Duh serem juga yaa, pokoknya stay safe and stay healthy yaa Tebsholic!